Pages

Minggu, 14 Agustus 2011

50 Tahun Gerakan Pramuka

Berbagai Cara Memperingati HUT Gerakan Pramuka Indonesia ke 50

Hari ini (Minggu 14 Agustus 2011) Gerakan Pramuka Indonesia telah memasuki tahun ke 50. Berbagai kegiatan dan acara diadakan secara serentak dan meriah untuk memperingati HUT Pramuka Indonesia Ke 50 di berbagai belahan Bumi Pertiwi ini.

Peringatan HUT Ke-50 Pramuka Indonesia yang berlangsung sore ini, bakal dihadiri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka.Tema HUT Pramuka Tahun 2011 ini adalah Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Indonesia. Adapun sub temanya adalah Pramuka Penyelamat Generasi Muda.
Pada peringatan HUT ke-50 Pramuka kali ini, Presiden SBY memberikan penghargaan dari Gerakan Pramuka berupa Lencana Melati kepada Kepala Kepolisian RI, selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional Jenderal Polisi Drs Timur Pradopo.
Penghargaan serupa juga diberikan kepada Gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, dan Ketua Komite Pramuka Dunia Simon Rhee Hang Bock.
Penghargaan Lencana Dharma Bakti diserahkan kepda Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo. Penghargaan Lencana Teladan untuk tahun ini diberikan pada Octavianus Krisanggono Pangeastu Aji, Pramuka Penggalang Garuda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Sumber : kompas.com

Adapun juga cara kreatif untuk memperingati Ultah Gerakan Pramuka ke 50 ini dari saudara kita yaitu dengan mempersembahkan film dengan mengusung tema kepramukaan.Yaitu Lima Elang.

Minimnya film untuk keluarga khususnya anak-anak menjadi latar belakang film Lima Elang diproduksi. Film yang juga dipersembahkan untuk memperingati ulang tahun Pramuka ke-50 ini, merupakan sajian yang pas untuk anda saksikan besama seluruh anggota keluarga.
Lima Elang mengisahkan  Baron (Christoffer Nelwan) yang harus pindah ke Balikpapan bersama kedua orang tuanya. Di lingkungan barunya itu ia pun selalu menutup diri dan terkesan menghindari teman-teman di sekolahnya.
Baron yang memiliki hobi bermain mobil RC (remote control) terpilih mewakili sekolahnya ikut perkemahan Pramuka dan satu regu dengan Rusdi (Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan), pramuka yang ramah dan selalu optimis. Bersama dengan anggota lain, Anton (Teuku Rizky Muhammad), dan Aldi (Bastian Bintang Simbolon) keempatnya mengikuti perkemahan tingkat daerah seKalimantan Timur.
Namun ternyata keikutsertaan Baron dalam acara ini memiliki tujuan lain. Tujuan yang akhirnya membawa mereka pada sebuah petualangan di tengah hutan yang tidak akan pernah mereka duga sebelumnya. Ditemani Sindai (Monica Sayangbati), kelima Elang ini mencoba menyelesaikan masalah yang mereka buat.
Dari awal Lima Elang memang kental dengan nuansa pramuka, wajar memang karena itulah tema yang diusung dalam film garapan Rudi Soedjarwo ini. Di tengah minimnya minat anak-anak sekarang untuk ikut kegiatan pramuka, film ini bisa dijadikan sebagai titik balik kejayaan pramuka.
Tidak tanggung-tanggung, untuk menyemarakkan film, hampir seribu anggota pramuka diikutsertakan. Pesan yang ingin disampaikan pun tidak lepas dari prinsip luhur yang ada dalam Dasa Darma Pramuka.
Bagi Anda yang pernah mengikuti pramuka saat sekolah, Lima Elang bisa dijadikan nostalgia yang menyenangkan dan merupakan tontonan yang sangat aman dan mendidik bagi anak-anak. Lima Elang akan tayang di bioskop mulai 25 Agustus 2011.

sumber : www.21cineplex.com

Di lain tempat yaitu di Kota Patria dan Kota Bung Karno yaitu Blitar juga dengan semangat dan gelora yang membara juga telah merayakan HUT Gerakan Pramuka Kali ini dengan sangat meriah. Diadakan pula Upacara di Pemkot kota Blitar yang bertepat di tengah kota. Upacara yang dipimpin oleh Pak Walikota yaitu Pak Samanhudi Anwar dan dihadiri dewan kota itu juga menarik banyak animo para pandu kota Blitar. Ketika upacara usai para pandu masih disughui banyak aksi dar Saka kota Blitar. Kwarcab kota Blitar pun mengadak Lomba Pramuka bertajuk Membangun Karakter Bangsa Melalui Pramuka. Dengan berbagai cabang lomba, yaitu : Web Design, Lip Sing, Film Pendek dll.  Kegiatan ini sangat menarik antusiasme para pandu pelajar di kota Blitar salah satunya SMP 1 Blitar, S.O.S (Nama Ekstra Pramuka Di SMP 1 Blitar) menyambut kegiatan ini dengan semangat yang bergelora. S.O.S mengikuti 3 cabang lomba dari berbagai jenis lomba dari kegiatan itu, yaitu lipsing, web design, dan film pendek. Salah satu yang sekarang menjadi perantara dari artikel ini adalah Web Design kawan. Lomba Web design mengajak para pandu untuk mengenal teknologi informatika secara lebih mendalam melalui internet dan di Blog S.O.S ini kalian kami suguhkan berbagai artikel menarik dan fantastis yang membuat otak kalian berbalik. Nikmati terus blog kami dan support terus kami!! KEEP RESPECT BROTHER!!!

Sumber : http://stepn1scout.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar